Bagaimana Cara Move On untuk Wanita Menurut Psikologi?

move on dengan menulis

Putus cinta atau patah hati memang merupakan pengalaman yang menyakitkan. Apalagi jika hal ini dialami oleh wanita yang cenderung memiliki perasaan yang lebih kuat. Tidak hanya akan merasa sedih, seseorang yang patah hati bisa kehilangan nafsu makan atau hasrat dalam hidupnya. Untuk itu, move on harus segera dilakukan. Lalu, bagaimana cara move on untuk wanita menurut psikologi?

Beberapa psikolog menawarkan beberapa solusi yang dapat diterapkan untuk move on dan menyembuhkan diri dari sakitnya patah hati. Akan tetapi, tips-tips ini mungkin tidak akan menghilangkan rasa sedih dalam waktu singkat. Move on adalah proses yang harus dilewati dengan sabar dan pada akhirnya akan menemukan ketenangan hati dan pikiran.

Tips Move On untuk Wanita Menurut Psikolog

  1. Hindari melihat sosial media mantan

Saat masih menjalani hubungan, mungkin seseorang akan sering memposting di sosial media masing-masing. Ketika hubungan tersebut sudah selesai, biasanya masih ada kebiasaan untuk melihat sosial media mantan. Sebaiknya hal tersebut tidak Kamu lakukan. Hal ini malah akan membuatmu terus teringat dengan mantan dan akan lebih susah untuk move on.

  1. Lakukan hal-hal yang menyenangkan

Untuk bisa segera move on, cobalah untuk melakukan hal-hal yang menyenangkan yang mungkin tidak bisa dilakukan saat masih menjalani hubungan. Kamu bisa berjalan-jalan ke mall untuk melihat-lihat baju dan tas. Selain itu, kamu juga bisa mengunjungi tempat-tempat wisata yang menyediakan berbagai hiburan seperti pasar malam atau menonton pertunjukan seni. Rasa senang ini akan membantu untuk menghilangkan rasa sedih ketika putus.

  1. Singkirkan barang kenangan

Mungkin saat masih berhubungan, Kamu sering diberikan berbagai macam barang sebagai kado seperti boneka, baju, dan sebagainya. Singkirkan barang-barang tersebut jika memang akan membuatmu terus teringat dengan mantan. Kamu bisa sumbangkan barang tersebut atau memberikannya kepada teman. Yang jelas, jangan sampai kamu merusak barang tersebut.

  1. Manfaatkan teman dekat

Walaupun sudah tidak memiliki pasangan, setidaknya kamu masih memiliki sahabat dekat. Cobalah untuk berbagai dengannya tentang perasaanmu. Curhat atau meluapkan perasaan sangat baik untuk mengeluarkan segala beban dalam pikiran, apalagi dengan sahabat dekat. Kamu juga bisa mengajaknya jalan-jalan untuk refreshing bersama.

  1. Jangan turuti emosi sesaat

Satu atau dua hari setelah hubungan berakhir, wanita pasti akan sangat terpukul dengan keadaan ini dan bukan mustahil mereka akan melakukan hal-hal di luar nalar seperti merusak semua barang di sekitar, menyakiti orang lain, atau bahkan mengakhiri hidup. Jangan sampai Kamu terjebak dalam emosi sesaat ini. Akan jauh lebih baik jika Kamu menghabiskan waktu di kamar untuk menangis daripada melakukan hal di atas. Setidaknya menangis akan membuat perasaan sedikit lebih lega.

  1. Menumpahkan lewat tulisan

Jika Kamu memiliki kebiasaan menulis diary, itu hal yang bagus karena perasaan sedihmu bisa diluapkan melalui tulisan. Apabila tidak memiliki kebiasaan ini, cobalah untuk menulis tentang perasaan yang sedang kamu rasakan. Tidak perlu mengunggah di media sosial, namun proses menulisnya ini yang akan menjadi terapi tersendiri untuk mengurangi beban pikiran yang kamu miliki.

Itulah beberapa cara move on untuk para wanita menurut psikologi. Proses ini mungkin tidak akan berlangsung dalam semalam dan membutuhkan waktu berhari-hari bahkan berbulan-bulan tergantung dari seberapa lama seseorang menjalani hubungan dan juga seberapa banyak kenangan-kenangan yang timbul saat masih berhubungan. Namun, seiring berjalannya waktu, move on akan berhasil dan Kamu siap untuk menjalani lembaran hidup yang baru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *